Senin, 14 Januari 2008

[Resensi] Rahasia Meede


Category: Books
Genre: History
Tak banyak buku fiksi yang membuat saya begitu terpukau dan tak ingin melepaskannya sampai lembar terakhir. Buku ini salah satunya. Sebuah thriller dengan penggabungan antara Fakta-fakta Sejarah dengan imajinasi yang sangat rumit, cerdas dan detil. Saya kagum membayangkan kerja keras, kesungguhan, waktu yang panjang serta modal yang tentunya tidak sedikit untuk sebuah riset yang serius, demi menghadirkan karya ini ke hadapan pembaca. 

E.s Ito dengan indah berhasil menghadirkan fakta-fakta sejarah perjuangan Indonesia dari abad ke 17 (terlepas dari berapa persentase kebenaran hasil risetnya), dengan deskripsi detil yang mestinya menantang para ahli sejarah untuk menguji kebenarannya. Saya merasa belajar sejarah bangsa dengan senang hati. Di buku ini kita juga dikenalkan kepada keindahan dan eksotisnya kebudayaan Nusantara mulai dari Nias, mentawai, jawa, Makasar, Banda bahkan sampai Irian (Berapa banyak karya yang mengangkat tentang budaya Nusantara?). Di sini kita juga akan lebih menghargai eksistensi Kota tua Jakarta dan daerah-daerah yang nyaris terlupakan. Hal-hal itu dikawinkan dengan intrik thriller yang manis dan memukau. 

Saya terpesona... Saya selalu berfikir bahwa orang yang sungguh-sungguh dalam berkarya berhak mendapat apresiasi yang luar biasa. Saya rasa E.S Ito harus termasuk diantaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar