Kamis, 12 Januari 2012

Abang ngambek dan Adik lagi Rajin Belajar

Pulang malam 2 minggu berturut2 ternyata ada efeknya buat abang. Walaupun masih main bareng Bundo, dan ceria banget jalan2 sepanjang wik en, tapi malamnya udah ga mau bobo ama Bundo. Maunya pasti bobo di kamar atas ama ibu. Alasannya : "nanti bundo tinggal2 lagi". Memang 3 minggu kemarin agak ga enak buat anak2. Selama 2 minggu berturut2 bundonya pulang jam 11 malam, lalu diikuti dengan dinas ke Tegal 4 hari pada minggu berikutnya. Abang ngambek berat, walau udah dibujuk dengan bermacam2 hadiah, diajak jalan2, dan selama wik en benar2 full main ama Bundo (tanpa interupsi apapun - trmasuk HP, TV dkk).

Lain halnya dengan adik yang malah makin manja. Adik makin hari makin gampang diajak kerjasama, walaupun untuk hal-hal tertentu prinsipnya ga bisa digoyahkan. Secara karakter memang adik (2y3m) memang jauuuh lebih keras dari pada abang (4y kurang 2m).

Perkembangan yang menonjol akhir ini adalah abang makin rajin ngomong, makin cerewet. Sekarang Bundo bersyukur banget adik dan abang  jarak umurnya ga begitu jauh, abang  jadi ada teman dan jadi mau ngomong banyak. Perkembangan lain adalah adik makin rajin belajar. Di saat abang  sibuk menggambar, melukis atau ngomentarin siaran tv, adik sibuk belajar.

Cara adik belajar adalah dengan membandingkan antara huruf2 di buku (atau dimanapun yang dia temukan) dengan huruf2 di laptop mainannya, untuk mengetahui bunyinya. Awalnya Bundo memang ngajarin adik membaca dgn metode seperti itu, ehh ternyata adik ketagihan. Adik jadi terobsesi belajar, bahkan ketika disuruh main. Dia penasaran banget ama huruf apapun yang dilihatnya, dimanapun. Dia jadi pengen tahu gimana membacanya. Bahkan malam2 ketika Bundo udah ngantuk berat, adik tetap kekeuh belajar sendiri.

Karena ketekunannya, dalam seminggu belajar huruf, adik (2thn3bln) telah mengenal cukup banyak huruf, dan jadi terobsesi. Abang yang suka cuek dan lebih senang menggambar, kadang jad iseng ikutan nimbrung. Akhirnya Bundo tambahin lagi deh buku2 mengeja koleksi abang dan adik, dan Bundo sekarang lagi mengamati bagaimana cara abang dan adik memanfaatkannya. Bagaimanapun, Bundo ga mau kegiatan belajar itu menjadi beban, jadi Bundo hanya berperan sebagai pengarah dan pembimbing, dan membiarkan anak2 menemukan cara belajar yang mereka sukai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar