Jumat, 07 April 2017

Teko 2 dan Matematika kesukaan

Saya makin menyadari minat H2 (7 tahun) yang sangat tinggi terhadap matematika akhir-akhir ini, dan sepertinya saya harus mulai serius memikirkan penyalurannya.
Awalnya merasa lucu aja ketika di usia 5 tahun dia sangat terobsesi dengan angka2. Dia paham sendiri konsep perkalian dan pembagian saat masih di Belanda (5thn), ketika dia mengasosiasikan bahwa 3 barang @150 Euro sama dengan 900 kotak lemon tea Albert Heijn @50cent. Kemudian menjelaskan ke saya bahwa 16 kali bumi mengelilingi matahari sama dengan 192 kali bulan mengelilingi bumi setelah suatu saat nonton youtube tentang tata surya.
Masih banyak kejutan2 lainnya. Awalnya saya abaikan ketika dalam kesempatan (moment) apapun yg dia cari adalah hal yg berhubungan dengan angka, mulai dari usia, waktu, jumlah makanan, harga-harga, tinggi badan dll. Sebab terkadang kami kesulitan menikmati suasana karena lebih didominasi oleh hal2 numerik.

Suatu malam dia rewel sekali, sebab terus2an minta saya kasih soal matematika (padahal kita lagi nonton family movie di rumah). Ogah2an saya kasih soal, dan selalu dia jawab cepat dan antusias. Sebelum tidur dia maksa lagi dikasih soal perkalian. Akhirnya saya jawab sekenanya "oke deeh, 74 x 3 berapa".
Dalam 5 detik kali ya, dia jawab sambil nyengir "222, bunda!". Saya tanya gimana caranya? "Gampang, 75 x 3, yaitu 225 lalu dikurang 3". Saya tanya kenapa cepat banget tahu 75 x 3?, dia jawab "itu kelipatan 25 kan poin di game Plant vs Zombie"

Oh gitu ya. Ternyata main game bagus juga untuk melatih otak kiri yah. Ya sudahlah kita ikuti dulu kemana arah minat H2 ini yah... Gpp deh jika kamu memang sedemikian terobsesinya dengan angka-angka, asal tetap menikmati masa-masa bermain yak. Tadi dia sempat rehat mikirin angka-angka saat kakaknya ngajak baca buku kisah Nabi dan komik Doraemon (yang harus dibaca berurutan..). Doraemonnya udah banyak, tapi selama ini belum mau baca hingga jumpa no.1. Semua harus sesuai pattern banget lah!

Sehat-sehat selalu ya, Nak
Dan jangan lupa untuk bahagia :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar