Senin, 11 Oktober 2004

Gamis ijo lumut

Singapura, kampus NTU 11 siang

"Lagi ngapain un?"
Satu suara yg akrab mengusik kesibukanku mengetik surat lamaran kerja untuk yg kesekianpuluh kalinya.
Suatu kesibukan yg lama2 menjadi kenikmatan tersendiri. Saat tingkat 'harap' semakin menjadi2. Saat rasa 'takut' jika tiba2 menjadi lupa bersyukur, semakin membesar. Dan saat rasa 'cinta' ingin selalu terpelihara di sini, dalam hati ini, dalam setiap hembusan nafas. Takut... cinta.. harapan... tentu saja hanya padaNya. Pada siapa lagi =)

Aku menoleh. Tersenyum. Mbak 'uni junior' ikut2an memandang layar monitor. Ups..adek yg satu ini memang beda. Dengan pedenya menyebut dirinya uni junior. Padahal jelas2 kita gak ada mirip2nya. Yaah.. kalau sama2 manis sih.. ngg.. hehehe... gak tahu yak *bledug..* ups kok serasa ada yg nimpuk aku yak :P
"Biasa... lamar lamaran" sahutku kalem *tapi bo'ong, sejak kapan coba jadi kalem :P*
"abis ini mau kemana?"
"pengen ke bugis sih kayanya. Mau cari rok. Masa ilang di jemuran empat euy. Nah sekarang kan jadi bingung. Tinggal coklat, coklat lagi dan ijo. Hiks, yang item2 ilang semua"
"yuk.. sekalian aku juga pengen ke paya lebar"

Mesjid sultan, Arab street bbrp saat menjelang ashar

"Makan dulu yuuk, di depan mesjid sultan ada warung padang kesukaanku".
Eitts.. jangan heran ya, dimana bumi dipijak, disitu nasi padang dicari. Akhirnya mampirlah kita ke sana. Abis itu muter2 di arab street, dan ga ketemu juga itu si hitam manis yg dicari2. Kalaupun ketemu pasti harganya selangit. Yah maklumlah, arab street kan salah satu tujuan wisata di Singapore, penganguran kayanya dilarang nyoba2 belanja di sana hehe. Tapi gpp deh, hawa2 ramadhan mulai terasa di sini. Tenda2 buka puasa udah disiapin. Juga stall2 yg bakal penuh banget sama makanan2 yg menggoda. Ah jadi rindu ramadhan di Singapura.

Paya lebar, setelah ashar

Pencarian di bugis yang gagal tidak menyurutkan tekad. Paya lebar menjadi tarhet operasi berikutnya =). Kalau berada di sini, serasa di malaysia. Muslimah2 berjilbab terlihat di mana2. Jalan2 di sini juga penuh kenangan.
Teringat masa2 belajar bahasa arab di muslim convert association bareng deedee and sti, 3 semester yg lampau. Rasanya nikmaaat banget, walau harus pulang malam. Kala itu kita bertiga masih belum begitu paham bahwa akhwat tidak seharusnya pulang selarut itu. Bahkan untuk menuntut ilmu sekalipun. Yang ngingetin jelas ada, tapi kala itu kenikmatan mendapat ilmu rasanya mengalahkan segala nasehat2 yg sangat berharga. Serunya berdiskusi sepanjang perjalanan paya lebar- boon lay rupanya membuat kita terlupa. Kenangan yg mempunyai tempat tersendiri. Bagiku. Bagi kami. Mungkin.

"uNi, aku ingin beli jubah baru. Nanti uni pilihin ya..."
"boleh!!!"
Hampir dua jam muter2 di tj katong plaza. Nyari gamis euy, siapa yg gak semangat =). Akhirnya pilihan jatuh ke gamis ijo lumut yang oke punya. Manis. Sayangnya kepanjangan. Hampir sejengkal di bawah mata kaki. Tapi adek yg satu ini ttp ngotot.
Bisa dijahit katanya. Senangnya... aku ketemu si hitam manis, dan mbak ini ketemu jubah yang dia mau. Perjalanan kali ini sukses ;-). Alhamdulillah.

Senja merangkak di Geylang serai, lampu2 jalan mulai dinyalakan, dan ornamen2 penyambutan ramadhan yang menghiasi jalan2 semakin jelas terlihat. Marhaban yaa Ramadhan... dan ucapan2 senada terlihat begitu indah di sela2 keramian. Menghadirkan rona2 kerinduan yang... entah. Tiba2 Iedul Fitri tergambar jelas di ruang mata. Mungkinkah ini ramadhan terakhir di Singapura. Ah entahlah, saat ikhtiarku sudah sepenuh2nya, akan kuisi seluruh nafas ini dengan tawakal seluruh penuh. Kemanapun takdir akan membawaku nantinya, semoga keimanan, syukur dan sabar selalu menancap erat di dalam jiwa. Ya Rabb, sungguh aku berserah diri...

"uNi suka gak sama jubah baruku?"
"suka... bagus kok =)"

Ba'da zuhur, kampus NTU, di acara tarhib ramadhan, keesokan harinya.

"uN, ada titipan nih...."
Roommatenya si mbak yg kemaren menemani jalan2 menghampiri dan mengangsurkan satu bungkusan besar. Manis sekali. Berwarna krem dengan pita pink di sudutnya. Oow.. ada apa gerangan?. Ulang tahunku sudah lewat 36 hari yang lalu. Gak sabar nih, buka sekarang aja deh. Dan aku terdiam beberapa saat. Gamis ijo lumut dengan jilbab senada, terbungkus rapi dengan kertas lembut berwarna pink. Satu kertas terselip, ada sebentuk tulisan di sana. Pantesan kemaren ngotot banget minta aku ngepasin gamis ini juga. Ada misi2 terselubung rupanya, hehe.

"Istiqomah dan tetap teguh..." begitu salah satu kalimat di dalamnya.
Tiba tiba, aku merasa dicintai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar