Jumat, 11 November 2005

Photo: Rumah Gadang bagonjong 5

Temans, berikut adalah foto-foto yang kebetulan sempat terekam oleh kamera handphonenya uniang Alni waktu pulang ke Batusangkar. Batusangkar adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat. Batusangkar adalah salah satu daerah 'asal' kebudayaan minang. CMIIW. Di Batusangkar juga berdiri kerajaan "Pagaruyuang" yang dulunya pusat kerajaan ranah minang.


[Atas]Pemandangan dilihat dari belakang rumah. Rumah-rumah tradisional dengan atap atap bagonjong limo (bergonjong 5) dan latar belakang bukit Sibunbun

[Atas]Pemandangan dilihat dari depan rumah. Duh masih banyak rumah bagonjongnya. Senang liatnyaaa... Cinta banget deh ama ranah minang (doooow...)

[Atas]Masih pemandangan dari depan rumah uniang di Batusangkar. Coba liat rumah gadang di depan itu. Begitulah bentuk rumah gadang umumnya di perkampungan. Dulu rumah nenek saya (di Padang) sebelum dirombak jadi rumah batu juga seperti itu bentuknya.

Dindingnya sama persis. Kita menyebutnya "dindiang tadia". Rumah kami dirombak tahun 1992 Masih inget ketika kecil suka ngintip ke luar lewat dindiang tadia yang udah banyak bolong-bolongnya. Rumah gadang di kampuang biasanya ga ada lotengnya dan sumurnya berada di halaman di belakang rumah. Waktu kecil kalau tengah malam pengen ke kamar mandi suka merasa serem, soalnya musti melintasi halaman belakang yang banyak pohonnya sebelum mencapai kamar mandinya.

[Atas]. Ini pemandangan dari sampiang kanan rumah.


[Atas].Yang ini kata uniang diambil dari teras rumah lantai 2. Dari rumah uniang kita bisa melihat dikejauhan bukit sibunbun dari arah depan, gunung merapi di arah belakang dan gunung bungsu di sebelah kiri.
Keren.. Padang jadi kebanting berat keindahannya dibanding daerah2 lain di sumatera barat..


[Atas].Ini halaman rumah uniang di pagi hari. Tadinya ga ingin masukin foto ini kerana ada ayah nya uniang dan adiknya. Takut beken hehehe... Tapi moga2 ga terlalu jelas ya. Waaah pagi yang cerah, nampaknya adeem banget...


Gunung merapi yang menyimpan kenangan tersendiri. Waktu jaman buandel (kelas 2 SMU) pernah berangkat diam2 dari Padang ke Bukittingi bersama 6 orang teman lainnya (total 4 laki2 dan 3 pr) mendaki gunung ini. Ga minta ijin ibu!!! Gubraks... Alhamdulillah selamat pulang pergi. Kenangan bareng trefi, Ary, hendri, yoyo, nurul dan mainar... wherever they are, kuangeeeen!!!. Ada foto kita ber7 di depan api unggun di pesanggrahan gunung merapi, cuma kurang jelas. Ada foto2 di dalam tenda, juga foto hamparan edelweis yang mempesona. 


Gunung Singgalang kalau dikunjungi dari bukittinggi letaknya persis di depan gunung Merapi. Dulu sepulangnya dari Merapi kita juga ingin kesini, namun team yang laki2 menolak. Katanya kalau mau ke Singgalang ga mau bersama kelompok wanita. Lagian bertahun2 sebelum itu ada 2 orang senior kita dari SMU 1 Padang juga yang hilang di gunung ini, jadinya rada2 gentar...


[Atas].Lihat tanda merah di langit sebelah kiri!!! Aku dan uniang cukup bingung ketika menemukan fenomena ini. Lihat juga dua gambar berikut. Awalnya kita pikir ada kerusakan di kamera. Tapi ternyata tanda merah itu selalu muncul. Ada yang tahu itu apa?
Venus? Ufo? :D



Tanda merah 2



Tanda merah-3. Another siluet rumah bagonjong!. Cintaaaa sama ranah minang. Moga2 jika suatu saat berkesempatan pulang kampung lagi pengen motretin sawah-sawah dan sungai-sungainya. Semoga yaaaa......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar