Minggu, 19 Juni 2005

...Buku: AtLas of tHe Qur'an...

Mungkin kita sering baca2 buku tentang sejarah2 dunia islam, tokoh tokoh yang terlibat di dalamnya ataupun tempat tempat penting yang menjadi settingnya. Namun belum ada satupun yang mendokumentasikannya beserta peta yang memuat dengan jelas 'places, nation and landmarks'nya. Padahal jika itu diikut sertakan tentunya akan memperkuat pengetahuan teoritis yang diperoleh pembaca.

Di awal tahun 1990, Dr Shauqi Abu Khalil tergerak untuk memulai project penulisan buku Atlas of the Qur'an ketika melihat peta Peninsula Arab dan melihat titik kecil bertuliskan "the grave of prophet Hud". Saat itu beliau mulai menyadari perlahan-lahan. Apakah ketika muslim mempelajari tentang suatu peristiwa, tokoh atau tempat tertentu dalam Qur'an ataupun hadist shohih mereka benar2 mengetahui dimana semua kejadian2 itu berlangsung dan bagaimana kaitannya secara geografis dgn tempat2 lainnya.

Bukankah kita akan lebih bisa meng'appreciate' ilmu yg kita dapat jika dilengkapi dengan penggambaran secara fisikal?. Bagi saya buku ini sangat menarik. Sebagai seorang yang suka sejarah (sekadar suka namun tidak punya memori yang bagus untuk menghafal) namun sangat payah dalam ilmu geography (coba deh tuker2in kota2 di sulawesi ama kalimantan, aku ga bakal tahu ^_^) buku ini bagiku sangat sangatlah menarik. Setiap cerita2 dari Qur'an dilengkapi dengan petanya sehingga lebih mudah untuk dipahami, diingat dan di appreciate (untuk kata ini belum nemu padanan yg tepat).

Sangat disarankan untuk dimiliki, namun harganya cukup mahal dan belum ada yg jual di daerah sini. Kemaren itu ustadz bawain langsung dari Riyadh karena kebetulan abis umrah. Kapan2 covernya aku taruh di sini insyaALLAH. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar