Senin, 24 September 2007

[Jurnal Hamil] week 14 : pertumbuhan 4 kali lipat

Jumat kemarin (21 Sept 07) kita periksa kehamilan lagi sesuai jadwal yang diberikan dokter (4 minggu sekali). Untungnya sebelum ke RS sempat nelpon dulu dan ternyata jadwal dokter yang biasanya jam 5-8 malam diubah menjadi jam 4-6 malam. Jadinya agak kelimpungan juga karena waktu nelpon itu udah jam 5 dan baru selesai rapat. Walau dari sini ke RS terbilang dekat namun aku yakin banget akan terjebak macet parah di daerah Sabang. Dan benar saja.... nyaris 20 menit kena macet cet di Sabang. Deg-deg an juga takut dokternya keburu pulang. Alhamdulillah nyampe sana jam 6 kurang 15, pas banget berikutnya giliranku. My Zaujiy untuk pertama kalinya ga ikut menemani karena perubahan jadwal itu diluar dugaan. Namun begitu mendengar aku langsung berangkat ke RS dia juga ngebut ke RS dari kantornya nun di Jakarta utara (ngebut naik ojek). Tapi tetep aja gak kekejar. Nyampe di RS aku udah keluar ruangan.

Waktu asisten dokter mbukain pintu, hal pertama yang dia ucapkan adalah:
"Mbak lagi hamil?" sambil menatapku dari atas ke bawah. Waduh, penampilan gak meyakinkan hehehe. Memang sih semenjak hamil berat badannya justru terus terun, atau mungkin karena postur tubuh yang 'tidak kecil' jadi hamil gak hamil keliatan gak berbeda kali ya?

Benar saja, saat ditimbang beratnya cenderung turun lagi. Padahal rasanya sejak minggu ke-13 nafsu makannya udah mulai datang. Aku mulai deg-deg an saat di USG, penasaran! Sudah sebesar apa ya? Menurut teori-teori yang aku baca maupun film tentang kehamilan, antara bulan ke-3 dan bulan ke-4 terjadi pertumbuhan yang significant (yaitu 4 kali lipat). Dan ternyata benar saja.

Subahanallah, dedek sekarang panjangnya sudah 82mm, sedangkan 4 minggu yang lalu masih 22mm (nyaris 4 kali lipat). Aku takjub sekali, padahal rasanya selama minggu ini tidak bisa makan begitu baik (maafin ya dek). Seperti biasa mataku mulai memanas begitu mengikuti gambarnya di layar USG. Subhanallah!bulan lalu masih begitu kecil, hanya terlihat seperti segumpal daging dengan tonjolan2 bakal tangan, kaki serta jantung yang tak henti berdenyut. Tapi hari ini dedek sudah terlihat seperti bayi mungil. Bentuk kepalanya sudah terlihat cukup jelas, bahkan ada tangan dan kaki walau kecil-kecil sekali. Beneran sudah seperti bayi. Di film tentang janin dijelaskan bahwa ini adalah saatnya dedek berenang-renang dengan bebasnya di lautan ketuban ibunya karena ukuran badannya yang masih begitu kecil. Dan benar memang, setiap kali terlihat gerakan-gerakan aktif berputar ke kiri dan ke kanan dengan denyut jantung yang terlihat jelas.

Haduh, dada rasanya sesak sekali. Waktu dokternya menjelaskan aku juga tak bisa berkomentar, saking takjubnya. Dan menurut teori mulai minggu ini pertumbuhannya akan makin cepat (hitungan cm, tidak lagi mm) Betapa dalam 4 minggu Allah menghadirkan pertumbuhan yang begitu menakjubkan. Dokter muslimah itu rupanya mengerti perasaanku "Akan semakin takjub lagi bahwa setelah sembilan bulan beratnya akan menjadi sekitar 3kg dan panjangnya di atas 40cm".

Subhanallah, proses yang menakjubkan sedang terjadi bersama setiap detik nafasku. Begitu mendebarkan. Semoga kita selalu dapat megambil hikmah menakjubkan dari setiap kejadian dengan selalu mempertebal rasa syukur terhadap nikmat yang Allah berikan.

Doakan semoga kita sehat-sehat selalu ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar