Rabu, 26 Agustus 2015

Teko's in de Holland [Adegan 12]

Teko's in de Holland

Adegan 12

[Hari pertama sekolah]

Si Kakak (7 yrs) bingung karena pulang sekolah gak dikasih PR. Padahal awalnya dia sempat kuatir gimana mau ngerjain PR, sepanjang pelajaran gak ngerti sama sekali guru dan teman-teman ngomong apa kiki em
Menurut gurunya, kakak terlihat cuek tapi capek, jadi sempat ketiduran di kelas. Dugaan kepala sekolah, dia capek dengerin bahasa Belanda di sekitarnya, jadi saat tidur gak dibangunin. Dugaan emaknya, dia kecapean naik sepeda. Maklum belum lancar dan jarak sekolah mayan jauh. Semoga lama kelamaan kakimu makin kuat ya, Nak! Lawan angin yang kencang itu! Berjuang!

Kata gurunya lagi, dia bangun saat pelajaran Matematika, dan Alhamdulillah cukup berjaya (ternyata Matematika tu bahasa yang paling universal yah). Abis ngerjain penjumlahan, dia tidur lagi hehe. Pulang sekolah sangat gembira, selain gak ada PR, katanya lebih banyak bermain aja. Dia juga senang karena merasa pelajaran berhitungnya lebih santai dari pada saat sekolah di kelas 1 SD di Padang maupun saat TK di Jakarta.
Gak tahu deh, emak harus sedih karena anak yang tadinya biasa ngerjain banyak PR dan les, tiba-tiba menjadi santai. Gembira aja kali yah, karena anaknya heppii... kiki emoticon. Kepala sekolah bilang, bulan depan juga ada guru spesial untuk membimbing anak-anak yang belum bisa bahasa Belanda. Selain itu dia juga punya teman khusus untuk membantu dia dalam ketertinggalan masalah bahasa.
Sedangkan si adik seperti sudah diduga, ngompol di kelas ~_~. Katanya udah berusaha ke toilet tapi terlalu sering ingin pipis, jadi kadang gak tahan. Alasan ajah hehe . Dia senang di sekolah karena banyak permainan yang seru. Gurunya seru. Teman-temannya seru seru. Kebunnya seru seru seru. Peralatan gambarnya seru seru seru seru. (Seru adalah kata kesukaan adik saat ini ~_~). Tapi dia kecewa karena gak disuruh membaca buku dan gak ada pelajaran perkalian (ya eyalaaah bro).
Soal pelajaran, adik agak sedikit kiasu. Dia membuat dirinya bisa baca di usia 4 tahun, dan akhir2 ini ambisius banget ingin belajar perkalian (tapi emak gak kunjung ngajarin, Zzzzz, santai lah dikit Nak). Gak tahu dapet gen kiasu dari mana, secara bundo nyantai abiezzz, juga bapak.
Yang jelas hari ini beban di dalam tas jauh berkurang. Hanya bawa bekal aja. Rupanya segala alat tulis dan keperluan belajar udah disiapkan sekolah, jadi ga bawa apa-apa lagi. Emak gak ngeh, karena ini kan sekolah gratis, masa alat tulis disediain juga, begitu pikir emak yg lugu ini.
Begitulah. Semoga seterusnya adik gak ngompol lagi dan abang gak bobok lagi di kelas . Ayo Nak, kurikulumnya rupanya menekankan aktivitas bermain, mengenal diri sendiri dan lingkungan. Maka bermain dan bergembiralah. 
Bermainlah dengan gembira, di masa kecil yang hanya sekali kiki emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar